Anis Cendana (Geokichla peronii)

Anis cendana merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Turdidae Genus Geokichla yang dapat dijumpai di daerah bagian timur Indonesia yaitu daerah pulau timor, kupang nusa tenggara timur. Anis cendana ini memiliki nama lain dengan sitilah zoothera peroni, dan termasuk salah satu anis patut diperhitungkan.

Pada asal mulanya burung jenis ini banyak yang menganggap burung yang biasa dan tidak mempunyai ciri khas keistimewaan, karena mempunyai tampilan tubuh seperti jenis burung anis kening atau disebut juga burung anis kayu, akan tetapi setelah mendengar dari sebuah kicauan burung anis cendana tersebut, maka dari itu semua para pecinta burung mania mengakui tentang keunggulan dan keistimewa jenis burung anis ini. Dengan adanya kualitas suara burung anis tersebut sehingga bisa membuat nama burung anis cendana ini membuat terpuler dan melambung tinggi di area pasaran dan mempunyai harga yang cukup tinggi (mahal), dan dengan adanya keterpopuleran jenis burung ini sehingga burung anis tersebut memasuki jenis burung yang lainya. Seperti jenis anis kembang dan juga jenis anis merah.

Anis Cendana (Geokichla peronii)


Anis cendana tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 19,5 – 21,5 cm. Pada daerah mata berwarna hitam, Pada bagian matanya bersorot tajam, Mempunyai paruh yang berwarna ungu gelap, Pada bagian kepalan, dada dan perut mempunyai warna merah terang, Pada bagian ujung sayapnya terdapat sedikit warna putih, Pada bagian ekor hingga punggung terdapat warna ungu, Pada bagian pipi terdapat warna puti garis-garis vertical.

Baca juga : Anis Larat, Fawn-breasted Thrush

Penyebaran dan ras

Terdapat 2 subspesies yang dikenal dengan pesebaran berbeda yang meliputi :
subspecies:
  • G.p peronii (Vieillot, 1818) - Roti dan Timor Barat.
  • G.p audacis (Hartert, 1899) - Timor Leste, Wetar, Romang dan Babar.
Demikianlah infomasinya semoga bermanfaat tentang Anis Cendana (Geokichla peronii)
Baca selengkapnya tentang Anis Cendana (Geokichla peronii) di Anis Cendana (Geokichla peronii)

Comments