Anis Seram (Geokichla joiceyi)

 Anis Seram, Seram Thrush (Geokichla joiceyi) - Burung anis seram merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Burung yang juga dikenal dengan sebutan punglor seam ini memiliki nama ilmiah geokichla joiceyi atau seram thrush ini merupakan salah satu dari beberapa jenis burung anis yang dapat di temukan di Indonesia.

Sedikit terjadi perbedaan pendapat tentang nama species burung Punglor Seram ini, sebelumnya burung ini menggunakan nama ilmiah Zoothera joiceyi dan masuk ke dalam genus Zoothera, tapi belakangan dimasukkan ke dalam genus Geokichla, dengan nama species Geokichla joiceyi. Bahkan, jauh sebelumnya, pada tahun 1921 oleh Rothschild & Hartert, burung ini sempat dimasukkan ke dalam genus Turdus, dengan nama species Turdus joiceyi.

Ciri Fisik Anis Seram, Seram Thrush (Geokichla joiceyi)



Burung anis seram tergolong jenis burung anis berukuran agak kecil dengan panjang tubuh sekitar 17 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor. Tubuh bagian atas cokelat zaitun, punggung bawah hitam sabak, palang sayap putih, penutup ekor bawah hitam berujung putih lebar, dan penutup sayap bawah berwarna kehitaman.

Penyebaran

Penyebaran jenis burung anis ini adalah endemik hutan hujan pegunungan di pulau Seram di Indonesia. Kadang burung anis ini dianggap sebagai subspecies dari anis Buru (Buru Thrush).

Suara anis seram

Suara jenis anis satu ini sangat unik, kadang mengeluarkan suara kicauan lirih "tseep" yang mampu didengar sampai jarak 50m. Ketika terbang bersuara "tsree-tsree".

Dapatkan : Anis Kuning (Turdus obscurus)

Habitat dan Kebiasaan

Burung ini dapat dijumpai di daerah pegunungan dalam hutan hujan pegunungan, membuat burung ini susah untuk di pelihara di daerah yang bersuhu hangat. Mereka merupakan penghuni kawasan hutan pegunungan hingga ketinggian 1.280 meter dpl. Di habitatnya burung ini mencari makan di atas permukaan tanah.

Makanan

Tidak jauh berbeda dengan jenis burung anis lainnya, burung anis ini menyukai serangga kecil, termasuk larva kumbang dan rayap; juga cacing, lintah. Mencari makan sendirian atau dalam kelompok kecil di tanah atau di tengah dedaunan lembab.

Reproduksi

Waktu berkembangbiak yang dijalani burung Anis seram berlangsung sekitar bulan Juli hingga mendekat Agustus. Hanya saja, mengingat minimnya informasi seputar kehidupannya di alam liar sehingga tidak diketahui secara pasti terkait bentuk sarang dan jumlah telur yang dierami indukannya

Baca juga : Anis kinabalu (Zoothera everetti)

Kesimpulan

IUCN memasukkan anis seram dalam daftar merah dengan status Hampir Terancam (NT). Meski Pemerintah RI belum menetapkannya sebagai speses burung dilindungi, tapi melihat populasinya yang makin menipis, alangkah bijak jika kita tak perlu menangkap, memelihara, dan melombakannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ciri fisik Anis Seram, Seram Thrush (Geokichla joiceyi)


Baca selengkapnya tentang Anis Seram (Geokichla joiceyi) di Anis Seram (Geokichla joiceyi)

Comments