Nuri Hitam, Black Lory

Nuri Hitam, Black Lory, Chalcopsitta atra

Black Lory
Chalcopsitta atra (Scopoli, 1786)

Nuri Hitam, Black Lory, Chalcopsitta atra

Deskripsi
30 cm. Nuri besar kehitaman, ekornya panjang dan membundar. Burung-burung dari bagian barat semuanya hitam (ungu di bagian tunggir); burung-burung dari bagian timur berulas merah di pipi, bahu, paha, sayap bawah, nercampur kuning ketika terbang dan di bulu-bulu ekor. paruh hitam.
Terdiri atas 3 sub-spesies yang dapat dibedakan dari corak warna dan daerah persebaran. C.a. atra: Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, tunggir ungu/biru; ekor bagian bawah kuning zaitun tersapu merah, lingkar mata hitam polos, kulit pada pangkal paruh hitam, mata merah/oranye. C.a. bernsteini:Dahi dan kepala kemerahan, tunggir biru gelap. C.a. insignis:

Suara
Pekikan yang tinggi, lebih melengking dari nuri jenis lainnya, meskipun tidak sekeras Nuri kelam atau Perkici pelangi. Semua jenis Chalcopsitta memiliki suara yang mirip.

Persebaran dan Ras
Populasi yang berwarna hitam menghuni Daerah Kepala Burung bagian barat, Batanta, Misool, dan Salawati. Populasi yang berulas kemeraan terdapat di dataran rendah Daerah Kepala Burung bagian timur, Tanjung Onin, dan Tanjung Bomberai. Kebanyakan burung yang berasal dari daerah paling timur bergabung dengan Nuri aru.

  • bernsteini Rosenberg, 1861 – P. Misool.
  • atra (Scopoli, 1786) – P. Batanta, P. Salawati dan Daerah Kepala Burung bagian barat (Papua).
  • insignis Oustalet, 1878 – Daerah Kepala Burung bagian timur, P. Amberpon dan Onin serta Semenanjung Bomberai, Papua.

Catatan: Daerah persebaran Nuri aru dan Nuri hitam bertemu di Barat Daya dan di tempat ini individu-individu burung mungkin saling hibridisasi. Semua jenis Chalcopsitta dapat dibedakan dari Nuri kelam dan Perkici pelangi yang lebih kecil dari cara terbang yang jelas berbeda: cepat, kibasan sayap yang tidak terlalu dalam tetapi bergerak lambat, sehingga terlihat seperti kepayahan dan lamban.

Tempat Hidup dan Kebiasaan
Dapat ditemui di habitat terbuka seperti kebun kelapa di pesisir, savana, tepi hutan, mangrove dan tegakan ekaliptus sampai ketinggian 200m. Hidup berkelompok, mencari makan bersama di pepohonan berbunga dan tegakan pohon kelapa di habitat terbuka: perkebunan di pesisir savana, dan tepi hutan.


Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu
Perlindungan:


Baca selengkapnya tentang Nuri Hitam, Black Lory di Nuri Hitam, Black Lory

Comments