Nuri Kabare, Pesquet’s Parrot

Nuri Kabare, Pesquet’s Parrot, Psittrichas fulgidus

Pesquet’s Parrot
Psittrichas fulgidus (Lesson, 1830)

Nuri Kabare, Pesquet’s Parrot, Psittrichas fulgidus

Deskripsi
46 cm. Nuri hitam seukuran gagak, bagian perut, tunggir, dan bercak di sayap merah. Profil khas tubuh tegap, leher panjang, kepala kecil, dan paruhnya relatif sempit, bengkok. Jantan memiliki bintik merah kecil di belakang mata.

Suara
Geraman keras, panjang, parau, tidak berirama, yang dapat didengar dari jarak sangat jauh. Bunyinya mirip kain tebal yang disobek. Nadanya tunggal, berpasangan atau dalam rangkaian. Kadang mungkin diikacaukan dengan jeritan Kakatua koki.
Belum tersedia rekaman suara yang diambil dari wilayah Indonesia.

Persebaran dan Ras
Terpencar di seluruh P. Papua, terutama di pegunungan (kadang di kaki bukit di dataran rendah yang berdekatan) sampai ketinggian sekitar 1000 m, jarang sampai 2000 m. Diburu di beberapa kawasan.

Tempat Hidup dan Perilaku
Hidup di hutan perbukitan dan kaki gunung, meskipun sesekali dapat ditemui di tipe hutan dataran rendah lain. Biasanya dalam kelompok kecil, memakan buah yang lunak, misalnya buah ara, mangga, dan pandan pemanjat di hutan hujan dan hutan perbukitan. Gaya berjalan melompat-lompat dan merangkak mirip perilaku nuri. Salah satu jenis di P. Papua yang paling terancam punah, rentan terhadap perburuan untuk mendapatkan bulunya.

Status
Daftar merah IUCN : Rentan (VU)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan
tertentu.
Perlindungan: PP  No. 7/1999
Baca selengkapnya tentang Nuri Kabare, Pesquet’s Parrot di Nuri Kabare, Pesquet’s Parrot

Comments