Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush

Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush, Cinclosoma ajax

Painted Quail-thrush
Cinclosoma ajax (Temminck, 1835)

Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush, Cinclosoma ajax

Deskripsi
Burung berukuran 23 cm., dengan iris mata jingga, garis-mata hitam, dan sisi tubuh merah-karat. Burung jantan memiliki coret-malar putih; muka, dagu, dan dada bagian atas hitam; kedua sisi dada merah-karat; punggung dan tunggir hijau-khaki; bulu ekor terluar berujung putih. Burung betina memiliki tenggorokan berwarna putih dan pipinya lebih rendah; setrip-mata juga putih; dada merah-karat; serta punggung hijau-khaki. Mirip Kucica semak, dibedakan oleh setrip-mata diagonal yang berwarna hitam, dan tubuh bagian bawah yang seluruhnya berbulu putih.Mirip Anis kuku-lurus, bedanya terletak pada warna hitam di bagian tenggorokan burung jantan, dan setrip-mata pada burung betina.Mirip Tepus-permata biru, dibedakan oleh bintik pada bagian ekor.


Suara
Siulan panggilan mirip siulan jenis-jenis Tepus-permata; dibedakan oleh dua nada pembuka yang pendek. Siulan bernada tinggi mirip siulan Kucica-semak alis; dibedakan oleh keberadaan nada menurun. Juga siulan “fwip” yang semakin meninggi dan diulang-ulang dalam rangkaian panjang.


Persebaran dan ras
Terdiri dari 4 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • ajax (Temminck, 1836): bagian barat P. Papua, dari pesisir barat dan selatan Teluk Cendrawasih ke selatan sampai Teluk Triton dan bagian barat Peg. Weyland.
  • muscale (Rand, 1940): lembah di hulu S. Fly (S. Palmer & S. Nomad ke selatan sampai Gn. Bosavi), di bagian tengah P. Papua sisi timur.
  • alare (Mayr & Rand, 1935): lembah S. Oriomo dan bagian bawah S. Fly, di bagian selatan P. Papua.
  • goldiei (E. P. Ramsay, 1879): bagian tenggara P. Papua (Hall Sound ke timur sampai Teluk Milne).

Tempat hidup dan Kebiasaan
Hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil, menghuni kaki bukit hutan hujan dan hutan galeri/riparian sampai ketinggian 500 mdpl. Burung yang pendiam dan bergerak lambat di permukaan tanah. Memangsa serangga.
Burung yang bersifat sangat terestrial. Makanan utamanya serangga. Berjalan di lantai hutan, berhenti sebentar dan menyibak seresah ke samping untuk menemukan pakan. Jarang sekali terlihat, biasanya keberadaanya diketahui dari suara.


Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan internasional : –
Perlindungan : –


Baca selengkapnya tentang Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush di Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush

Comments