Anis-papua Kecil, Lesser Ground-robin

Anis-papua Kecil, Lesser Ground-robin, Amalocichla incerta

Lesser Ground-robin
Amalocichla incerta (Salvadori, 1875)

Anis-papua Kecil, Lesser Ground-robin, Amalocichla incerta

Deskripsi
Berukuran 14,5 cm., dengan coretan diagonal pucat melintasi muka ; ekor pendek, warna coklat zaitun kusam, bagian atas coklat, dan tengggorokan putih. Burung muda berbintik-bintik. Mirip Robin badut, bedanya terdapat alis mata mencolok dan tanda putih disayap. Perilaku mencari makan juga berbeda, Robin badut juga mencari makan di lapisan bawah kanopi ; tidak hanya di atas tanah. Mirip Anis-papua besar, bedanya pada ukuran dan hidup pada ketinggian yang lebih tinggi. Juga tidak terdapat coretan diagonal pucat yang melintasi muka.


Suara
Kicauan berupa satu siulan lembut, ringan yang mirip siulan Tepus-tikus, tanpa nada mengalir. Juga dalam berbagai variasi lainnya. Dua individu sering bersahutan. Desisan sengau bernada tinggi ‘bzsh‘ atau ‘eeez‘ disertai ocehan ‘ch-ch-ch-ch … parau.

Persebaran dan ras
Terdiri dari tiga sub-spesies dengan persebaran sebagai berikut :

  • incerta (Salvadori, 1876) – Peg. Arfak, di P. Papua bagian barat laut.
  • olivascentior (E. J. O. Hartert, 1930) – Daerah Pantai Utara bagian tengah (Peg. Torricelli) dan Peg. di P. Papua bagian tengah ke timur sampai G. Karimui dan mungkin sampai wilayah Aseki di Propinsi Morobe, Papua Nugini.
  • brevicauda (De Vis, 1894) – Peg. di Semenanjung Huon dan tenggara P. Papua.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Lebih sering terdengar daripada terlihat. Berjalan atau berlarian di atas tanah, mencari seresah daun di bagian dalam hutan pegunungan pada rentang ketinggian antara 1750 – 2500 mdpl., meski kadang masih dapat ditemukan pada rentang yang lebih luas yaitu antara 1400 – 2700 mdpl.


Status
Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan internasional : –
Perlindungan : –


Baca selengkapnya tentang Anis-papua Kecil, Lesser Ground-robin di Anis-papua Kecil, Lesser Ground-robin

Comments