Mengenal Lebih Dekat Burung Layang-Layang Batu

Burung Layang-Layang Batu - Burung Layang-Layang merupakan salah satu jenis burung kecil yang terdapat di wilayah hutan Indonesia sudah umum dikenal orang-orang tapi bukan sebagai burung ocehan. Umumnya orang-orang yang mengenal jenis burung Layang-Layang dikarenakan kemampuan terbangnya yang mampu melayang di udara tanpa terlalu sering mengepakkan sayapnya. Hanya saja, suara kicauan yang dimiliki burung yang sayapnya berukuran panjang ini terdengar lumayan merdu dan nyaring. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu di antaranya agar semakin banyak yang mengetahuinya. Adapun nama burung tersebut adalah burung Layang-Layang Batu.

Burung Layang-Layang Batu

Burung Layang-Layang Batu merupakan jenis burung Layang-layang yang berukuran kecil dengan panjang hanya sekitar 14 cm saja. Daerah persebarannya tidak hanya terdapat di wilayah hutan Indonesia tapi juga tersebar di berbagai negara lainnya seperti India, Sri Lanka, Filipina, Myanmar, Thailand, dan Papua Nugini. Sedangkan keberadaan burung Layang-Layang Batu di Indonesia tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

File:Hirundo tahitica.jpg
Gambar: Burung Layang-Layang Batu

Sewaktu berada di alam liar burung yang bernama latin Hirundo Tahtica ini mendiami area dataran sampai perbukitan dengan ketinggian mencapai 1500 meter di atas permukaan laut. Area lahan yang menjadi habitatnya tinggal umumnya daerah terbuka yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat yang meliputi area jembatan dekat sungai, perkebunan, dan hutan sekunder. Saat mencari makanan biasanya dilakukan secara sendirian dengan terbang melayang dekat permukaan air. Masa berkembangbiak yang dijalaninya berlangsung sekitar bulan Desember sampai Agustus dengan sarang berbentuk bola yang diletakkan dekat jembatan maupun bangunan.

Ciri-ciri Burung Layang-Layang Batu

Adapun ciri fisik burung Layang-Layang Batu dikatakan pada paragraf di atas bahwa ukuran badannya tergolong kecil. Corak warna bulunya terdiri dari beberapa warna seperti merah karat, hitam, abu-abu, dan biru. Warna merah karat tampak menutupi area depan kepala, sisi wajah, dan tenggorokannya. Warna hitam terdapat di area atas kepala, sayap dan ekornya. Warna abu-abu terlihat di bagian bawah tubuhnya mulai dari dada, perut, dan tunggirnya. Lalu warna biru terdapat menutupi area atas tubuhnya yang meliputi seluruh punggung dan pangkal sayapnya.

Di samping itu, burung Layang-Layang Batu memiliki paruh berwarna hitam yang berukuran sedang dan tampak agak tebal. Sayapnya yang berwarna hitam berukuran lumayan panjang yang mencapai setengah dari ukuran ekornya. Matanya berwarna hitam kecokelatan berukuran agak besar dan berbentuk bulat. Ekornya yang berwarna hitam berkurang sedang dan terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar. Kakinya yang berwarna hitam berukuran sedang dan memiliki cakar yang tajam.

Nah, ciri kicauan burung yang dalam bahasa Inggris di panggil Pacific Swallow ini terdengar lumayan merdu dan nyaring. Volume kicauan yang dibunyikan tergolong sedang dengan tempo yang lambat. Nada suaranya berupa cuitan yang dibunyikan secara terus-menerus dengan irama yang tidak sampai melengking di telinga.

Yup, begitulah ulasan seputar burung Layang-Layang Batu yang tidak hanya dikenal unik saat terbang tapi juga memiliki suara kicauan lumayan merdu. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat menambah wawasan kita seputar burung ocehan yang ada di Indonesia. Okey.

Sumber Tulisan:
  1. http://www.kutilang.or.id/2011/11/18/layang-layang-batu/
  2. http://bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_layang_batu.htm
Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hirundo_tahitica.jpg
Baca selengkapnya tentang Mengenal Lebih Dekat Burung Layang-Layang Batu di Mengenal Lebih Dekat Burung Layang-Layang Batu

Comments