Cara Berternak Kenari dengan Mudah

Ternak burung kenari - Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kecil import yang banyak dijumpai di Indonesia. Tentu sangat membanggakan bila hewan peliharaan yang kita rawat dapat berkembang biak menjadi banyak dan menguntungkan bagi sang empunya. Memang hoby yang membawa rejeki...mantabs..

Cara Berternak Kenari dengan Mudah

Di sini saya akan membahas cara berternak burung kenari yang mudah untuk sobat Burung kicau.
mari kita mulai...

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dan memilih burung kenari yang bagus untuk di jadikan indukan dan yang siap untuk di jodohkan.Dan tentunya kita harus tau terlebih dahulu perbedaan jenis kelamin pada burung kenari jantan dan betina,pada artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas.cek disini ciri-ciri kenari jantan dan betina.

Cara memilih indukan kenari

Pemilihan Indukan
Pilihlah indukan  yang sudah datang masa birahinya, pada umumnya burung  yang sudah siap berumur 8 bulanan.Atau biasanya di tandai dengan tingkah laku kenari jantan yang bernayanyi lebih keras dan nyaring dari biasanya pada saat melihat kenari betina.atau seperti mau mengejar kenari betina.Sedangkan untuk kenari betina akan membuka sayap atau di kenal dengan istilah ngeleper.. atau ingin segera di kawinin jika melihat kenari jantan..

Cara menjodohkan burung kenari

Proses Penjodohan
Jika sudah menemukan calon indukan maka Berikutnya adalah tahap Penjodohan. Untuk proses penjodohan  ini bisa di lakukan dengan cara mempertemukan kenari jantan dan betina,tetapi di beri sket atau penghalang sehingga burung kenari dapat saling melihat tetapi tidak dapat menyentuh.dengan cara menempelkan kedua sangkar burung kenari jantan dan betina.atau juga bisa dengan satu sangkar yang sudah di beri penghalang.cara ini di biarkan selama 3 hari lebih atau bahkan bisa sampai 2 minggu,tergantung kapan burungnya mau jodoh.tetapi biasanya selama 4-7 hari sudah berjodoh.Ciri-cirinya burung bila sudah jodoh adalah kedua burung tersebut saling berdekatan seperti ingin bercumbu meskipun telah di sket atau ada penghalang.dan kenari betina kelihatan seperti sibuk mencari bahan untuk membuat sarang.


Kandang ternak kenari

Mempersiapkan kandang ternak
Bila burung  telah berjodoh,selanjutnya adalah mempersiapkan kandang untuk perkawinan dan sarang untuk pengeraman.Usahakan agar sangkar kandang selalu bersih dan nyaman.penempatannya juga harus tenang,aman dari gangguan binatang seperti tikus,kucing atau segala apapun yang dapat menyebabkan burung merasa terancam,sehingga dapat mengganggu proses pengeraman.berikanlah kotak atau tempat untuk sarang burung.. lalu sebarkan serabut  lembut pada dasar sangkar,nanti kenari akan menyusun sendiri sarangnya.

Perawatan harian kenari

Pengamatan dan perawatan
Perhatikan ketersediaan pakan dan minumnya.berikan EF juga agar staminanya terjaga.dan tetap jaga kebersihan kandangnya,selama tidak mengganggu masa pengeramannya.Burung kenari akan mengerami telurnya umumnya selama 12 hingga 14 hari.Setelah itu telur akan menetas satu persatu dengan selisih waktu sehari atau bisa kurang bisa lebih.Dan Saat itulah indukan kenari jantan sebaiknya di pisahkan.dan bisa juga di jodohkan lagi dengan betina lainnya.

Demikian artikel saya semoga menjadi manfaat dan selamat mencoba. Cara Berternak Kenari dengan Mudah



Baca selengkapnya tentang Cara Berternak Kenari dengan Mudah di Cara Berternak Kenari dengan Mudah

Comments